Another Season Goes By

10.01 Ikemas Surabaya 3 Comments


Another Season Goes By


Musim telah berganti bagi kami IKEMAS Surabaya. Ketika kepengurusan baru telah terbentuk dan saya terpilih menjadi ketua untuk satu tahun ke depan. Banyak hal yang siap kami kontribusikan untuk kemajuan IKEMAS Surabaya ke depannya. Progam – program yang akan kami jalankan juga masih dalam lingkup yang “sama” dengan apa yang ditawarkan tahun – tahun sebelumnya, karena bagi kami itu tetap menjadi pondasi program – program lain dan tidak perlu mengubah total.

Tiap tahun, menurut saya pribadi ada tiga macam proker “utama” yang selalu jadi andalan IKEMAS Surabaya yaitu Roadshow ke SMA, ITS Expo, dan Pengabdian Masyarakat. Semua itu bagian dari proker Departemen Eksternal yang menjadi sarana branding IKEMAS Surabaya ke pihak luar baik dalam lingkungan masyarakat Sukoharjo sebagai daerah asal kami hingga masyarakat Surabaya terutama civitas kampus – kampus yang kami naungi. Ketiganya memang menjadi proker yang menurut saya pribadi paling berat dengan segala hal – hal yang kadang cukup rumit dan tidak perlu saya jelaskan panjang lebar. Akan sangat besar dampak pengalaman berharga yang bisa kami capai selain kata yang saya tekankan dalam hal branding. Disini saya juga tidak ingin meremehkan proker – proker lain yang kiranya saling berkaitan. Seperti  proker – proker dari Departemen Internal yang menjadi sarana bagi anggota dalam menjaga keguyub-rukunan, komunikasi, persaudaraan, dan silaturahmi di antara kami para anggota serta dengan mas dan mbak alumni. Bagi kami semua proker dalam lingkup Departemen Internal adalah pondasi untuk keberlangsungan IKEMAS Surabaya nantinya, karena ada pepatah mengatakan jika dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Maka kami anggap seluruh elemen dari IKEMAS Surabaya adalah jiwa dan organisasi IKEMAS Surabaya adalah badan. Keduanya adalah satu kesatuan yang akan selalu berbanding lurus, entah itu baik atau buruk tentu akan selalu mempengaruhi satu sama lain.

Lain lagi dengan proker dalam lingkup Departemen Kominfo yang bagi kami menjadi mata rantai bagi kelangsungan komunikasi antara anggota secara internal maupun komunikasi kami secara publik. Ketika zaman sekarang segalanya telah menjadi digital dan media sosial yang begitu besar dampaknya dalam sarana komunikasi dan informasi. Maka dari itu, kami akan mengelola semua akun media sosial sebaik mungkin termasuk mendesain segala bentuk publikasi digital maupun secara fisik seperti banner, poster, stiker, pin, dll. Saya juga tidak perlu membahas tiap proker yang ada dalam lingkup tiga departemen di atas lewat tulisan yang saya sampaikan ini. Toh, semuanya sudah diunggah lewat blog ini, jadi silakan membaca.

Kami menganggap proker - proker kami bersifat fleksibel dan bila ada saran mengenai sesuatu yang baru serta bisa diterima, tentu akan tetap kami tambahkan. Beberapa dari teman – teman menginginkan adanya Try Out (TO) yang diwadahi oleh IKEMAS Surabaya. Saran ini bisa diterima, tapi masih dalam masa penjajakan. Beberapa poin seperti kendala dalam hal target peserta dan jumlahnya, waktu pelaksanaan, hingga persiapan yang bisa kami bilang cukup mepet. Kita tahu jika kepopuleran perguruan tinggi yang kami naungi tidak lah setinggi perguruan tinggi di daerah lain, dalam hal ini IKEMAS lain yang “berani” mengadakan Try Out mereka sendiri. Cara alternatifnya adalah berkerja sama dengan SKUTER UB (IKEMAS Universitas Brawijaya Malang). Mungkin dengan ide kerja sama ini dapat mempermudah rencana Try Out yang akan direncanakan. Keuntungan selain SDM yang makin bertambah didukung dengan penjaringan calon peserta yang makin luas. Alasan kuat adanya ide ini dikarenakan kedua IKEMAS memang belum pernah mengadakan Try Out dan berada dalam wilayah provinsi yang sama yaitu Jawa Timur. Kelanjutan rencana ini masih dikaji lebih lanjut dan segera dikomunikasikan dengan pihak Skuter UB, apabila mereka merespon positif rencana ini. Lalu apabila masih belum bisa terlaksana pada kepengurusan kali ini, kami tetap usahakan bisa terlaksana pada kepengurusan selanjutnya.

Kritik dan saran siap kami tampung, apabila ada hal – hal yang perlu diperbaiki ataupun dikurangi. Segala ide – ide baru mengenai program kerja juga siap kami tampung untuk kemajuan IKEMAS Surabaya ke depannya. Vivat IKEMAS!!! Hidup IKEMAS!!! MAKMUR Sukoharjo ku.

You Might Also Like

3 komentar:

  1. Mantap. Tetep semangat cah. Oiya, FYI. Tahun 2008 atau 2009 (lupa pas nya) pernah diadakan try out di SMANSA SKH dengan panitia dari ITS, Unair, & Brawijaya. Meskipun peserta tidak sesuai dengan harapan kami, tapi minimal kami belajar dan saling mengenal dalam kerjasama. :)

    BalasHapus