Penggalan Kisah Ikemas Surabaya di ITS Expo 2014

10.22 D_ecky 2 Comments

Surabaya(5/4/2014) - Kali ketiga, Ikemas Surabaya, Ikatan Keluarga Mahasiswa Sukoharjo di Surabaya, mengikuti event akbar di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, yang dari tahun ke tahun menjadi fasilitator Ikemas Surabaya untuk menyapa lebih dekat masyarakat Surabaya dan KM ITS. Seperti menanam, bibit-bibit eksistensi Ikemas Surabaya yang disebar melalui kegiatan ITS EXPO menjadi langkah-langkah kecil Ikemas Surabaya berkontribusi dan "keluar" sebagai paguyuban keluarga mahasiswa yang dikenal dan dirasakan keberadaannya. Begitu juga dengan membawa nama kota kecil asal teman-teman Ikemas yaitu Kabupaten Sukoharjo. Besar Impian Ikemas Surabaya nantinya menjadi paguyuban dan sebuah ikatan mahasiswa yang mampu memajukan dan membanggakan lingkungan sekitar paguyuban yaitu kota Sukoharjo, maupun Surabaya dengan kegiatan-kegiatan positifnya. Untuk almamater, agama, dan bangsa.
Keikutsertaan Ikemas Surabaya pada ITS EXPO sebagai jalan pembuka untuk perjalanan yang masih cukup panjang. Lalu kegiatan apa yang dilakukan Ikemas Surabaya di ITS EXPO kemarin? adakah nilai positif yang kita dapatkan?

Secara tidak sadar, kegiatan dan keikutsertaan Ikemas Surabaya di ITS Expo 2014, memiliki beberapa manfaat yang positif untuk kedalam dan keluar paguyuban. Untuk kedalam, ITS Expo 2014 ini sekali lagi mampu menumbuhkan sikap dan sifat saling memahami antar anggota Ikemas Surabaya, merangsang dan memupuk sikap peduli dan kepedulian, kekeluargaan, kerjasama, pengorbanan, kontrol diri, manajemen diri, manajemen kegiatan, manajemen organisasi, bahkan ilmu-ilmu praktis seperti manajerial dan marketing (jualan), akan sangat dirasakan di dalamnya jika kita mau mengambil manfaatnya. :). Sebuah kegiatan yang dirancang, dikerjakan, dan dipersembahkan untuk kita sendiri sebagai sebuah paguyuban mahasiswa daerah. Disisi lain, manfaat positif untuk keluar, kita membantu kota asal kita Kabupaten Sukoharjo untuk membangun citra positif dan baik dengan memperkenalkan kebudayaannya, keramahtamahannya, kesolidannya, kerukunan antar putra-putrinya, yang dapat membantu melawan citra-citra negatif yang selama ini terbangun dengan pemberitaan yang negatif terhadap kabupaten ini. Juga dengan nguri-uri budaya jawi , melestarikan kebudayaannya, mengingatkan budayanya, dan sebagainya. Sebuah pemikiran yang kurang luas jika kegiatan ini hanya dinilai dari sisi, "hura-hura" dan "menyibukkan" diri dengan kegiatan dan tidak ikut merasakan manfaat didalamnya, hanya sekedar hadir tanpa tau maksud dan tujuannya, hanya sekedar ikut dan terlibat dengan pemberatan tanpa tau prinsip dasarnya.

Wahana Paguyuban dengan stand dan isian didalamnya telah berhasil teman-teman Ikemas Surabaya buka selama satu minggu di area ITS EXPO 2014, juga dengan pagelaran seni menampilkan karawitan dan membawakan 3 gendhing jawa yang mampu membuat pengunjung ITS Expo 2014 sedikit memberikan senyum dan tepukan untuk putra-putri yang hidup di zaman serba modern memainkan alat-alat musik tradisional gamelan. Memang kita bukan seniman, bukan juga pelaku seni, tapi sebuah tampilan kemarin cukup hebat untuk mahasiswa-mahasiswi yang menyisihkan waktunya selain untuk mengerjakan tugas dan kegiatan kampus juga untuk berlatih beberapa hari memainkan 3 gendhing jawa untuk pengujung ITS EXPO 2014. Selama satu minggu, teman-teman juga cukup banyak yang datang untuk ikut meramaikan acara Ikemas Surabaya ini, membantu jalannya kegiatan. Tidak lupa juga dengan mas dan mbak alumni yang masih setia dan selalu mensupport teman-teman yang masih kuliah dalam segala kegaiatannya, tanpa bantuan mbak dan mas alumni mungkin kegiatan ini tidak akan terlaksana, semoga apa yang mas-mbak berikan diberikan balasan yang lebih dari Allah subhanahuwataala... SUKSES untuk mas dan mbak alumni dan semua anggota dan warga Ikemas Surabaya. Semoga Ikemas selalu Jaya dan berjalan dengan kegiatan-kegiatan positifnya. IKEMAS JAYA!! Berikut beberapa foto kegiatan Ikemas Surabaya di ITS EXPO 2014, yang kembali lagi dapat mengundang teman-teman dalam suasana kekeluargaan dan senyuman... :)






"Saat kita merasa lelah, ingatlah masih banyak yang lebih lelah dari kita, saat kita merasa sibuk ingatlah masih ada yang lebih sibuk dari kita, saat kita merasa benar, ingatlah masih ada yang lebih benar dari kita. Semua lelah, dan usaha akan terbayar dengan senyuman-senyuman itu. Lihatlah sesuatu dari berbagai sisi.. bagi kalian yang ingin tau.." :D

Sing penting Guyub..... :) 

See you ITS EXPO 2015....!

You Might Also Like

2 komentar:

  1. Bro, Semua LPJ kegiatan bisa diupload di blog? Untuk dokumentasi dan justifikasi kepada para donatur kegiatan. Yang kita tahu, ada beberapa donatur kegiatan berasal dari non ikemas-sby seperti kegiatan pengabdian masyarakat yang sumbang buku itu. Meskipun sudah di upload di group fb, non ikemas-sby tidak bisa akses ke situ. Jadi perlu di upload di blog biar para donatur bisa recheck bahwa semua yang mereka percayakan kepada kita sudah disalurkan sesuai dengan semestinya.

    BalasHapus
  2. Siap mas.Nanti coba dikoordinasikan ke teman-teman yang baru.

    BalasHapus